Tugas Social Media Agency dalam Mengelola Akun Brand dan Bisnis

Tugas Social Media Agency dalam Mengelola Akun Brand dan Bisnis

Munculnya media sosial pada awal tahun 2000-an telah membawa banyak perubahan dalam dunia digital. Platform yang tadinya diciptakan agar semua orang bisa terkoneksi dan bersosialisasi secara online, kini berkembang menjadi media yang juga digunakan perusahaan untuk keperluan pemasaran dan branding. Banyak perusahaan dan brand yang telah menginvestasikan uang, tenaga dan waktu untuk mengembangkan social media marketing.

Tren kebutuhan ini juga mendorong terbentuknya banyak social media agency di seluruh dunia, termasuk di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan Bali. Beberapa social media agency bahkan membuka jaringan yang lebih luas untuk mengembangkan sayap bisnisnya ke luar Indonesia seperti ke China, Amerika Serikat dan Australia. Atau ke negara yang lebih dekat seperti Singapore, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Hal ini tidak mengherankan mengingat social media agency memainkan peranan yang sangat penting bagi pemasaran bisnis di era digital ini. Beberapa tugas dari social media agency adalah merencanakan strategi yang tepat serta mengeksekusi kampanye yang efektif untuk membangun koneksi dengan audiens, menghasilkan lead (lead generation) dan mengkonversi audiens beserta followers social media menjadi traffic website.

Apa sebenarnya social media agency itu?

Social media agency pada dasarnya merupakan agensi digital marketing yang mengkhususkan diri dalam mengelola pemasaran media sosial. Bentuk spesialisasi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi klien dan brand yang dimilikinya. Social media agency memiliki pemahaman yang baik dan mendalam tentang konten, strategi yang jitu, engagement, kampanye brand serta eksekusi digital marketing di media sosial.

Setelah bekerjasama dengan perusahaan, social media agency bertanggung jawab atas sebagian besar tugas pemasaran media sosial atau social media marketing pada perusahaan tersebut. Selain itu, terdapat juga social media agency yang bertanggung jawab penuh dengan menawarkan solusi total untuk semua kebutuhan marketing sebuah bisnis. Biasanya disebut full service social media agency. Agensi media sosial ini menawarkan cakupan layanan yang luas seperti social media publishing, social media monitoring, social media profile creation and management, social media audit, competitor analysis hingga membuat social media report.

Cakupan kerja social media agency

Yuk simak ulasan berikut untuk mengenali selengkapnya bagaimana lingkup kerja social media agency dalam mengelola sebuah brand.

1. Memperkuat brand persona

Jika dulu perusahaan membangun brand persona secara total melalui media cetak seperti surat kabar dan majalah, serta media elektronik seperti radio dan televisi, maka di zaman yang serba digital ini, perusahaan membangun brand persona melalui media online seperti website, aplikasi smartphone dan media sosial.

2. Melakukan audit social media

Sebelum memulai pekerjaan, social media akan melakukan audit brand, termasuk eksistensi dan brand image di dunia online pada umumnya serta di social media khususnya. Audit ini berguna untuk mengidentifikasi status dari brand tersebut agar bisa ditemukan area dan fokus yang perlu dibangun. Setelah itu, social media agency akan memberikan konsultasi dan saran dalam memperbaiki kekurangan dan masalah yang menghambat perkembangannya.

Proses audit ini pada dasarnya akan menghasilkan analisa terperinci yang mencakup keberhasilan dan kegagalan proses penetrasi brand tersebut di media sosial selama ini. Proses audit ini sangat penting untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan brand image di media sosial sehingga bisa diambil langkah pengembangan ke depan yang tepat.

Setelahnya, social media agency akan membuat perencanaan strategi yang lebih baik bagi presentasi brand tersebut di social media.

Point-point yang akan menjadi kunci dalam audit yang dilakukan social media agency terhadap brand meliputi reach, engagement seperti likes, comments, share, tag dan save), penambahan jumlah followers, konten yang disukai (high performing post), konten yang kurang atau tidak disukai (low performing post) hingga analisa konsep grafis dan konten yang sesuai bagi audiens social media brand tersebut.

3. Perencanaan strategi marketing social media

Setelah selesai audit social media brand, proses selanjutnya adalah membuat strategi marketing di social media. Berbagai kreativitas dan kampanye unik akan direncanakan seperti kuis, games, testimonials, edukasi dan promosi. Konten bisa berbentuk grafis statik maupun video.

Selain itu, social media agency juga akan merumuskan jenis konten, frekuensi post, waktu post, budget untuk ad placement, key metrik dan ROI dari social media marketing.

4. Menentukan channel social media yang tepat

Meskipun semua platform social media bertujuan sama yaitu mempermudah koneksi dan untuk bersosialisasi, namun masing-masing memiliki fokus sendiri.

Sebagai contoh, Instagram cocok bagi brand fashion dan kecantikan, sedangkan Linkedin cocok untuk jasa konsultasi dan pemasaran B2B. Social media agency akan membantu mengidentifikasi platform yang tepat agar tujuan pemasaran bagi bisnis dan brand bisa tercapai.

5. Social customer care atau social customer support

Social media adalah platform yang terbuka, artinya publik bisa mengakses representasi akun social media serta bisa menghubungi dan berkomunikasi dengan brand. Karena itulah social media agency harus mampu memberikan layanan customer care yang baik.

Social customer care ini sebenarnya bukan suatu tren baru, tapi sudah menjadi bagian dari manajemen media sosial sejak lama.

Bagi perusahaan yang menggunakan social media sebagai marketing channel, perlu mengetahui bahwa dunia bisa melihat aktivitas di social media. Konten yang dipost serta respon brand terhadap komentar dan pertanyaan akan terpampang jelas. Sesuatu yang positif akan memberikan dampak positif pada brand image.

Ketika sebuah brand mampu memberikan layanan customer support yang prima melalui channel online, maka akan memperkuat brand awareness dan kepercayaan pelanggan. Social media agency perlu mencakup layanan ini agar dapat memberikan solusi total dalam mengelola dan mewujudkan customer experience yang baik. Bukan hanya itu, brand maupun client akan puas karena mendapatkan pengalaman kerjasama yang sempurna.

Kesimpulan

Social media yang terlihat fun sebenarnya tidaklah semudah itu. Banyak sekali tips dan taktik yang bisa dilakukan agar pemasaran sebuah brand berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk mengoptimalkan kinerja social media, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dengan merekrut staf in-house. Ber-partner dengan social media agency akan memberikan solusi yang lebih baik. Selain dapat menghemat banyak biaya, social media agency juga memiliki pengalaman dan pengetahuan yang mendalam tentang media sosial. Jadi, tak ada salahnya Anda menghubungi ADKOMU.COM, social media agency Jakarta terbaik serta pioneer dalam memberikan solusi social media management dengan harga terjangkau.

Kami selalu siap menjadi partner terbaik dalam perjalanan bisnis dan brand Anda.

Posted in Social Media and tagged , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.