Cara Mudah dan Efektif dalam Analisa Konten Social Media

Cara Mudah dan Efektif dalam Analisa Konten Social Media

Agar akun social media berkembang, salah satu kuncinya adalah melakukan analisa konten secara rutin. Berbagai keuntungan bisa Anda dapatkan dengan menganalisa konten seperti:

  • Mengetahui konten yang efektif dan disukai oleh audiens
  • Konsep dan desain konten yang lebih terarah
  • Akun social media yang berkembang dengan lebih baik dan lebih cepat.

Sebaliknya, jika proses analisa konten tidak dilakukan, Anda tidak akan bisa mengetahui seberapa efektif pengelolaan social media brand Anda selama ini.

Untuk memulainya, terlebih dahulu Anda perlu mengenali metrik konten yang biasanya terdapat pada insight masing-masing social media.

1. Reach

Menginformasikan jumlah total audiens yang telah melihat konten brand Anda. Besarnya angka reach mengindikasikan banyaknya audiens yang menyukai konten, yang juga berarti semakin baik kualitas dan nilai konten.

2. Like

Like sebenarnya adalah bentuk apresiasi audiens terhadap konten yang Anda sajikan. Jika menarik, maka jumlah likes akan semakin besar.

3. Comment

Menunjukkan bahwa konten brand Anda berhasil menstimulasi audiens untuk berkomunikasi. Semakin banyak komentar, maka semakin baik penetrasi akun dan konten brand Anda.

4. Share

Konten yang bermanfaat memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dibagikan oleh audiens. Jika konten brand Anda dibagikan banyak orang, artinya banyak yang setuju dengan info tersebut. Mungkin karena mereka berpengalaman sama, sebagai pembenaran atas opini mereka atau karena keseharian mereka berhubungan dengan konten tersebut.

5. Save

Aktivitas ini berindikasi sama seperti Share. Karena konten tersebut bernilai bagi mereka, maka disimpan agar mudah ditemukan kembali jika suatu saat diperlukan.

6. Profile Visit

Audiens yang menikmati konten, kemungkinan besar merasa penasaran dengan profile brand Anda. Mereka bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya profil dari akun ini? Siapakah dia?Apakah masih ada konten lain yang menarik?

Atas alasan inilah mereka mengunjungi profil akun untuk menjawab rasa penasaran mereka.

7. Follow

Nah, setelah audiens melakukan profile visit, lalu menemukan banyak konten lain yang relate dengan mereka, maka kemungkinan besar akan men-tap tombol follow. Bagi banyak orang, aktivitas inilah yang dinanti-nantikan.

Meskipun jumlah total follower bukanlah penentu kesuksesan sebuah akun, namun angka tersebut, tidak bisa dipungkiri, terlihat eksotis. Banyaknya angka followers juga bisa memberikan dampak psikologis bagi audiens lain untuk ikut follow.

8. Direct Message

Dalam sekian banyak konten yang dipost, bisa saja ada yang mampu menarik perhatian audiens untuk mengetahui lebih lanjut. Biasanya alasan inilah yang mendorong mereka mengirimkan DM atau direct message.

Contohnya, jika bisnis Anda memasarkan brand biskuit, konten yang menarik akan menstimulasi para pedagang dan pengusaha untuk bekerjasama. Mereka bisa saja bertujuan untuk menjadi reseller atau distributor yang tentu saja sangat efektif dalam memperluas market produk Anda.

Metode sederhana dalam analisa konten

Setelah Anda mengenali dan memahami metrik di atas, kini saatnya Anda menganalisa konten. Anda bisa menggunakan software atau aplikasi tertentu, namun biasanya berbentuk langganan dan berbayar.

Jika budget yang tersedia tidak memungkinkan, maka Anda bisa melakukannya secara manual. Tenang, cara ini termasuk mudah dan sederhana.

  1. Catat metrik di atas dalam rentang waktu tertentu, pada umumnya dua minggu atau satu bulan.
  2. Cek konten apa yang memberikan engagement tertinggi. Engagement di sini adalah nbilai metrik di atas. Anda bisa menjumlahkan semua angka pada metrik di atas untuk mendapatkan nilai rata-rata.
  3. Ambil 5 postingan dengan ranking engagement tertinggi dan gunakan sebagai ide atau konsep pembuatan konten selanjutnya.

Metode di atas termasuk sederhana, tapi efektif dalam meningkatkan kualitas konten. Anda juga bisa menentukan konten berdasarkan KPI yang diinginkan. Misalnya kalau Anda ingin meningkatkan Reach, maka jumlahkan total Reach pada masing-masing konten. Lalu ambil 3-5 konten dengan nilai tertinggi untuk digunakan sebagai ide konten selanjutnya.

Yang perlu diingat adalah, walaupun Anda akan mendapatkan kenaikan engagement, tips ini tetap tidak akan menjamin 100% ya. Jangan lupakan algoritma serta faktor lain yang akan ikut menentukan.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk analisa konten?

Jika Anda setuju dengan artikel ini, maka Anda bisa mulai menganalisa konten secara berkala. Brand dan bisnis Anda memerlukan konten berkualitas dan engagement untuk mendukung pemasaran dan peningkatan penjualan produk.

Namun, apabila Anda tidak punya waktu untuk melakukan analisa strategis, jangan kuatir, karena kami siap melakukannya untuk Anda.

Adkomu.com menyediakan bermacam layanan kelola social media, termasuk design, content writing, copywriting serta monitoring dan responding. Anda bisa memilih dari paket-paket yang telah kami sediakan atau bisa juga langsung menghubungi kami apabila memerlukan paket yang lebih personal.

Anda juga tidak perlu kuatir dengan biaya yang mesti dikeluarkan karena harga paket yang kami sediakan sangat terjangkau, dibarengi dengan konten yang profesional serta representatif bagi brand dan bisnis Anda.

Silakan hubungi kami untuk info selengkapnya.

Posted in Content, Social Media and tagged , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.