Definisi SEO dan Pertimbangan Penting Sebelum Menjalankan Strategi SEO

Definisi SEO dan Pertimbangan Penting Sebelum Menjalankan Strategi SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu strategi yang penting dalam digital marketing. SEO berfungsi untuk menaikkan posisi atau ranking website dalam hasil pencarian atau search result pada search engine, umumnya Google.

Tetapi, walaupun SEO itu penting, nyatanya masih banyak business owners, founders ataupun tim pemasaran yang mengesampingkan SEO dalam strategi marketing mereka.

Hal ini mungkin disebabkan ketidaktahuan akan efektivitas sebenarnya dari SEO, atau mungkin karena SEO adalah long term investment atau investasi jangka panjang, bahkan SEO itu penuh dengan ketidakpastian.

Dalam artikel kali ini, saya akan membagikan informasi dan definisi dari SEO serta beberapa poin penting yang bisa membuka pikiran sehingga pertanyaan dan pertimbangan dari para pemilik bisnis atau startup founders selama ini bisa terjawab.

Apa itu SEO dan apa bedanya dengan SEM?

Seperti yang saya jelaskan di atas, SEO pada dasarnya adalah strategi untuk menaikkan ranking website ke posisi atas pada hasil pencarian search engine.

SEO (Search Engine Optimization) tentu saja berbeda dengan SEM (Search Engine Marketing). Berikut poin utama yang membedakannya:

  • SEO fokus pada optimasi website secara organik untuk menaikkan ranking search result dan mendapatkan traffic. SEM, sesuai namanya, merupakan suatu bentuk pemasaran melalui search engine, baik secara organik maupun berbayar melalui paid ads (PPC).
  • Cakupan SEM lebih luas karena melingkupi seluruh strategi dan kampanye pemasaran pada search engine. Dengan demikian, maka SEO merupakan bagian dari SEM.

Pertimbangan penting dalam menjalankan strategi SEO

Apapun yang Anda rencanakan dalam bisnis, termasuk strategi pemasaran, pasti membutuhkan pertimbangan yang matang bukan? Karena itulah, Anda perlu mengetahui poin-poin penting berikut sebelum memutuskan untuk melakukan kampanye strategi SEO.

1. Hasil SEO terlalu lama

Karena prosesnya dilakukan secara organik, hasil yang Anda dapatkan dari SEO membutuhkan waktu yang lama, bisa 6-12 bulan.

Hal ini tentunya juga berbeda dengan paid ads atau PPC yang langsung kelihatan hasil, yaitu langsung muncul di ranking atas setelah Anda melakukan placement dan pembayaran.

2. Hasil SEO tidak pasti

Selain memakan waktu lama, SEO juga penuh dengan ketidakpastian. Jika ada digital agency yang berani memberikan garansi 100% dalam ranking dan waktu, sebenarnya hanya dikarenakan 3 hal ini:

  • Sama sekali tidak mengerti apa itu SEO.
  • Memiliki nyali yang besar dalam mengambil risiko.
  • Terlalu berani untuk berdusta.

Strategi SEO itu dilakukan langkah demi langkah mengikuti algoritma yang sudah ditentukan oleh masing-masing search engine. Karena itulah SEO merupakan optimasi dengan cara organik. Bahkan, seorang pakar SEO pun tidak mungkin bisa menjamin 100% di ranking berapa website Anda berada dan kapan pastinya akan muncul di halaman pertama.

Perlu diketahui juga bahwa search engine seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya memiliki algoritma yang berbeda. Itulah sebabnya, posisi website yang dioptimasi tidak akan sama di semua mesin pencarian. Kalau kita ingin mengoptimasi di semua search engine, maka cara dan perlakuannya juga akan berbeda.

3. Hasil SEO bertahan lama

Saat Anda memasang paid ads atau iklan PPC, ranking di search engine serta traffic website langsung naik, namun setelah iklan berakhir, maka ranking dan traffic langsung turun, bahkan traffic berpotensi kembali ke nol.

Berbeda dengan SEO yang prosesnya organik. Hasilnya akan bertahan sangat lama. Bahkan bisa bertahan hingga setahun atau lebih.

4. Biaya SEO lebih murah

Jika Anda membandingkan biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan iklan PPC dengan biaya SEO, bisa diketahui kalau proses optimasi secara organik (SEO), akan lebih murah.

Walaupun sama-sama memerlukan budget bulanan untuk berada di posisi yang diinginkan, namun jika dihitung dari waktu bertahan dan jumlah traffic, tetap saja SEO lebih murah.

Kekurangan dari SEO hanya satu, yaitu Anda perlu bersabar.

5. Banyak pendusta di layanan SEO

Sudah dijelaskan di atas kalau SEO itu penuh dengan misteri dan ketidakpastian. Karenanya, Anda perlu menghindari agency yang menawarkan layanan SEO dengan berbagai garansi dan janji yang tidak masuk akal.

Pastikan Anda hanya bekerjasama dengan agency yang tidak menggunakan teknik SEO blackhat yang bisa membuat website bisnis Anda di-ban selamanya. Selain itu, pastikan juga kalau agency tersebut mementingkan keberlangsungan kerjasama dan komitmen jangka panjang dalam mengelola hubungan dengan klien.

6. SEO itu tidak mudah

Karena perlu dilakukan langkah demi langkah serta harus menyesuaikan dengan algoritma, keyword dan keyphrase utama, serta trend market yang berlaku, maka tidak mengherankan kalau SEO itu memang sulit!

Anda perlu sabar agar mendapatkan hasil yang baik. Yang penting adalah, memilih SEO agency atau tim SEO yang jujur, bisa dipercaya dan memiliki kepedulian terhadap bisnis Anda.

Kesimpulan

Setelah membaca poin-poin di atas, bisa saja Anda masih meragukan efektivitas dari SEO. Jika benar seperti itu, maka Anda bisa mencoba kombinasi kedua strategi, yaitu SEO dan iklan PPC.

Dengan menjalankan keduanya sekaligus, maka Anda bisa mendapatkan kelebihan dari masing-masing strategi. Anda juga dapat melakukan evaluasi dari hasil yang didapatkan, lalu memutuskan untuk membagi besaran budget di antara SEO dan iklan PPC.

Silakan hubungi kami jika Anda memerlukan konsultasi lebih lanjut tentang SEO, SEM dan PPC ads bagi bisnis Anda.

Posted in SEO and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.