Repost atau Embed Konten dari Akun Instagram Lain, Boleh atau Tidak?

Repost atau Embed Konten dari Akun Instagram Lain, Boleh atau Tidak?

Siapapun pasti pernah ketemu postingan image dan video di feed, story atau reels Instagram yang sangat menarik. Saking menariknya, Anda ingin me-repost konten tersebut ke akun Instagram Anda. Tujuannya untuk berbagi ke teman-teman dan follower biar bisa dinikmati bersama.

Tapi, pernahkah Anda berpikir, sebenarnya boleh ngga sih membagikan atau me-repost konten orang lain?

Coba bayangkan seperti ini. Anda ingin memotret matahari terbit. Jadi, Anda pun bangun pagi-pagi sekali, menyiapkan kamera dan menunggu sambil memandang ke arah Timur. Siap-siap memotret begitu penampakan matahari pas.

Nah, setelah mendapatkan foto yang diinginkan, Anda pun mem-posting ke akun Instagram, dengan harap-harap cemas, bisa dapat like dan comment yang banyak. Ternyata benar, foto Anda memang berhasil menuai engagement yang tinggi!

Lalu, berselang beberapa hari, saat santai scrolling feed, ternyata ada yang bikin Anda kaget. Foto Anda di-post oleh akun lain. “Yah.. Ngga apa-apa juga,” pikir Anda, “ada yang repost berarti fotoku bagus kan? Tapi kok rasanya, aku tidak pernah mendapatkan tag atau mention sebelumnya ya…”

Anda pun coba melihat-lihat caption dari foto tersebut, dan ternyata memang tidak ada credit yang diberikan, artinya nama akun Anda tidak di-mention sebagai sumber foto tersebut. Malah, foto milik Anda yang di-repost itu juga mendapatkan engagement yang tinggi.

Nah, bagaimana perasaan Anda saat ketemu momen yang tidak diinginkan ini? Kesal dan marah, kan pastinya?!

Jadi, sebenarnya boleh ngga sih repost konten dari account Instagram lain?

Repost konten image dan video dari feed, story maupun reels Instagram lain sebenarnya boleh-boleh saja asalkan Anda memperhatikan etika berbagi. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat mau me-repost konten dari akun lain.

  • Minta izin terlebih dahulu. Minimal kirimkan direct message (DM) dan tunggu balasannya.
  • Mention dan tag pemilik konten saat repost.
  • Jangan mengubah atau meng-edit konten image dan video (feed dan reels) dari account Instagram tersebut.
  • Jika ada informasi pemilik di konten, seperti nama akun atau watermark, jangan pernah di-edit, di-crop atau dibuang.

Ingatlah selalu bahwa konten itu dibuat dengan pikiran dan tenaga yang tidak sedikit. Jadi, hargailah pemilik konten, bukan sekedar karena konten tersebut terdapat copyright, tapi karena Anda punya moralitas. Jangan asal repost aja.

Perlu konsultasi atau info lebih lanjut? Hubungi Adkomu Social Media Agency. Semoga artikel dan tips ini bermanfaat!

Posted in Social Media and tagged , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.