Tips Social Media Marketing Terbaik bagi Bisnis dan Brand Anda

Tips Social Media Marketing Terbaik bagi Bisnis dan Brand Anda

Kita semua tahu kalau media sosial selalu mengalami perubahan, baik pada fitur, teknologi maupun algoritma. Hal ini menandakan bahwa metode maupun taktik marketing brand di social media yang sebelumnya sukses mencapai tujuan bisnis, kemungkinan sudah tidak efektif lagi.

Social media juga telah menjadi marketing channel yang semakin kompetitif karena meningkatnya jumlah pemilik bisnis dan brand dari berbagai jenis dan skala industri yang bergabung.

Kompetisi ini juga menyebabkan bisnis dan brand memperbesar anggaran (budget) mereka dalam social media management, strategi dan campaign dengan tujuan menarik lebih banyak audiens serta meningkatkan penetrasi pasar.

Di artikel ini, saya akan berbagi ide-ide dan tips yang bermanfaat dalam pemasaran bisnis dan brand Anda di platform social media, bahkan di pasar yang terlanjur kompetitif. Tips-tips ini bisa Anda gunakan untuk membuat strategi marketing di Instagram, Facebook, Tiktok serta Twitter.

Let’s get started!

1. Tambah jumlah konten

Agar brand Anda lebih sering muncul, salah satu caranya adalah memposting lebih banyak konten. Jika frekuensi postingan Anda adalah 2 hari sekali, maka tingkatkan jadi setiap hari.

Banyak sekali jenis konten yang bisa Anda kreasikan seperti informasi umum, edukasi, hiburan dan promosi. Selain itu, Anda juga bisa mengadaptasi konten meme, infografis, dan reels dari follower dan pelanggan. Adaptasi ulang ini bahkan bisa membangun komunikasi dan hubungan yang lebih erat. Jangan lupa untuk meminta izin sebelum menggunakan.

Selain feed dan video, seperti pada Tiktok dan Instagram Reels, Anda juga bisa memperbanyak social media story.

Sebagai salah satu jenis postingan yang populer di social media, Instagram story dan social media story lainnya bisa Anda gunakan untuk mengenalkan informasi terbatas seperti promosi dan produk. Bukan hanya itu, Instagram Story juga cocok untuk menunjukkan konten secara cepat dan langsung pada audiens. Anda juga bisa mem-post banyak story untuk meningkatkan engagement.

Perlu diketahui juga bahwa tidak semua jenis konten akan efektif buat brand Anda ya. Anda perlu mencobanya satu persatu sebelum memutuskan jenis konten yang cocok. Anda perlu bereksperimen dengan mempublikasi minimal satu konten per hari. Beberapa akun brand besar bahkan memposting hingga tiga konten per hari.

Lakukan analisa dan evaluasi untuk mengetahui jenis konten yang terbaik bagi akun brand Anda. Ingat juga untuk menganalisa waktu posting yang efektif agar bisa menjangkau lebih banyak audiens.

2. Promosi silang (cross-promoting) konten pada bermacam platform jaringan social media

Membuat konten yang bagus itu butuh pikiran, waktu dan upaya yang tidak sedikit. Karena itu, jangan disia-siakan dengan membatasinya pada satu channel saja. Meskipun Anda sudah mempublikasikannya ke Instagram, misalnya, tetap post konten tersebut ke channel social media lainnya, seperti Facebook, Tiktok dan Twitter. Beberapa konten bahkan efektif di post ke Pinterest.

Dengan promosi silang, Anda bisa menaikkan jangkauan konten, yang pada akhirnya juga menaikkan KPI dan ROI dari strategi pemasaran social media Anda.

Yang perlu diingat adalah, masing-masing platform social media mempunyai ketentuan dan aturan main yang berbeda.

Contohnya, konten Instagram perlu diberi hashtag, konten Facebook bergantung pada caption atau deskripsi, sedangkan pada Tiktok, harus menggunakan video.

Repot? Tentu saja. Tapi jangan kuatir karena energi dan waktu yang Anda gunakan itu setimpal kok. Engagement brand Anda di social media akan meningkat.

Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk mengerjakan konten sendiri dan mengelola akun media sosial bisnis Anda, solusinya adalah menyerahkannya ke social media agency yang terbaik dan terpercaya di kotamu. Bagi bisnis yang berlokasi di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Bali dan Makassar, tidak akan sulit menemukan social media agency yang bisa membantu mengelola akun brand Anda.

Namun, jangan pernah memutuskan untuk bekerjasama dengan social media agency hanya berdasarkan harga murah ya. Faktor-faktor lain seperti pengalaman, portfolio dan profesionalitas seharusnya menjadi prioritas, bukan harga yang murah. Ingatlah bahwa brand Anda terlalu berharga, jangan dinilai dengan harga paket yang murah. 🙂

3. Pastikan “manusia” menjadi fokus pada visualisasi konten social media Anda

Meskipun social media telah berkembang menjadi channel marketing, namun esensinya sebagai media untuk bersosialisasi dan berbagi pengalaman tidak akan hilang.

Berdasarkan analisa selama ini, foto dan video yang terdapat manusia, memberikan pengalaman visual dengan nilai rata-rata engagement terbaik. Tidaklah mengherankan karena visualisasi dengan manusia akan memberikan kesan emosional yang lebih nyata.

Sebagai contoh, konten yang berisi foto atau video seseorang sedang menggunakan produk Anda akan memudahkan audiens dalam membayangkan bentuk produk, keunggulan dan penggunaanya.

Coba bandingkan dengan konten yang berbentuk hard sales yang terfokus pada image produk, fitur dan spesifikasi. Konten social media brand Anda seakan-akan seperti salesman yang terus-menerus menawarkan dagangan dan meminta audiens untuk langsung membeli. Tidak akan efektif bukan?

Meskipun begitu, jenis konten hard sales seperti ini tetap perlu, namun tidak banyak. Ingat 80/20 rule dalam social media marketing?

Jenis konten dengan visualisasi manusia juga bisa didapatkan dari follower dan customer Anda, biasanya disebut user-generated content (UGC).

Sebagian besar pelanggan pasti suka kalau kontennya di-share dan di-repost oleh brand produk yang dipakainya. Ada rasa bangga tersendiri, apalagi kalau dibagikan oleh brand besar. Wah, lebih-lebih lagi!

Di sisi lain, brand juga bisa menunjukkan bahwa produknya dipakai dan disukai oleh pelanggan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dan meyakinkan audiens lain untuk memakai produk Anda. Testimonial dan postingan konten dari follower dan pelanggan ini juga bisa disebut sebagai “endorsement”.

4. Story highlights (khusus Instagram)

Story yang Anda post pada Instagram hanya bertahan selama 24 jam, namun jangan kuatir karena bisa dikumpulkan dan dikategorikan dalam Highlights sehingga audiens Anda bisa melihatnya kapan saja.

Anda tidak perlu memasukkan semuanya, cukup pilih konten Instagram Story yang bernilai dan bisa memberikan manfaat bagi audiens. Story yang berisi info produk, tutorial dan tips produk adalah beberapa konten yang bisa dipertimbangkan.

5. Kampanye dengan branded hashtag

Jika Anda familiar dengan social media, maka hashtag bukanlah sesuatu yang baru. Hashtag merupakan salah satu fitur utama pada social media yang digunakan untuk mengelompokkan keyword dan keyphrase.

Seiring berkembangnya social media sebagai channel pemasaran, maka hashtag juga mengalami adaptasi agar bisa digunakan untuk kebutuhan kampanye brand. Hasilnya adalah branded hashtag.

Branded hashtag boleh dibilang salah satu strategi marketing yang sering digunakan. Bentuknya tetap seperti hashtag biasa, namun menggunakan keyword atau keyphrase yang unik.

Anda bisa menambahkan branded hashtag pada konten sendiri atau mendorong audiens dan follower untuk turut menambahkannya pada konten yang mereka post dan share.

Tujuannya agar hashtag tersebut dipenuhi oleh konten-konten yang berhubungan dengan brand yang Anda kampanyekan.

6. Maksimalkan penggunaan tag

Selain hashtag, ada satu fitur lagi pada media sosial yaitu tag atau tagging.

Tagging merupakan strategi social media marketing yang tidak kalah efektif. Sewaktu akan mempublikasi konten, Anda bisa men-tag lokasi untuk memberitahukan tempat konten tersebut dipublikasi. Anda juga bisa men-tag follower atau akun lain untuk menginformasikan bahwa ada postingan baru yang berhubungan dengan mereka.

Para follower sering men-tag brand untuk memberitahukan bahwa mereka memakai dan mendukung produk brand tersebut. Tentunya, mereka juga berharap akan mendapatkan respond dari akun media sosial brand tersebut.

Jadi, tidak ada salahnya untuk membalas tag di feed maupun story dengan komentar, like ataupun dengan DM ya.

Anda juga bisa membagikan konten dari follower atau customer tersebut ke social media brand Anda. Jangan lupa untuk permisi sebelumnya, mention akun follower tersebut saat di-post dan juga ucapkan terima kasih ya karena telah membantu mempromosikan brand Anda.

Tag lokasi juga bisa memberikan nilai lebih pada postingan social media, terutama jika bisnis Anda memiliki lokasi fisik, seperti toko atau kantor yang bisa dikunjungi. Location tagging juga cocok saat Anda mengadakan event bisnis.

Secara umum, tag lokasi akan membantu brand dalam menjangkau fans dan followers yang berpotensi menjadi customer baru.

7. Perbaiki tampilan bio pada akun brand Anda

Anda sudah mempunyai konten yang bagus, menggunakan hashtag yang tepat, sudah menerapkan branded hashtag. Follower juga sudah tertarik dan ingin melakukan pemesanan, tapi ternyata tidak bisa menemukan informasi bisnis dan kontak yang bisa dihubungi. Nah, lho?!

Sudah waktunya Anda memperbaiki tampilan bio pada akun brand Anda. Tuliskan secara singkat informasi yang bisa merepresentasikan brand dan produk Anda. Tambahkan juga nomor kontak serta alamat website yang bisa dikunjungi.

Jika Anda sedang menjalankan campaign branded hashtag, silakan tambahkan pada bagian bio juga agar lebih mudah terlihat audiens.

8. Jaga konsistensi tampilan akun social media brand Anda

Siapa yang tidak mau brand-nya terlihat menonjol, bahkan viral (secara positif) di social media? Pasti semuanya mau dong ya?

Untuk membuat brand Anda menonjol, sebenarnya tidak terlalu sulit kok. Caranya bisa dengan membuat tema konten yang bagus, serta konsisten dalam menggunakan font, warna, gradasi dan filter.

Konsistensi pada konten akan membuat brand Anda mudah dikenali. Jadi, saatnya memaksimalkan kreativitas agar brand Anda berkesan dan mudah terlihat oleh audiens.

9. Bekerjasama dengan influencer

Seperti endorsement dari pelanggan, Anda juga bisa bekerjasama dengan akun yang memiliki follower besar dan engagement yang tinggi. Biasanya disebut influencer marketing.

Pada dasarnya, influencer marketing merupakan bagian dari bentuk pemasaran media sosial yang bermanfaat untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Para selebgram dan content creator akan meng-endorse produk Anda melalui review dan testimonial dalam bentuk foto atau video.

Untuk memaksimalkan hasil dari jenis pemasaran di social media ini, Anda perlu memilih influencer yang bisa merepresentasikan brand Anda. Follower yang dimiliki harus sesuai dengan target market Anda dan tentunya bukan follower fiktif. Influencer yang diajak kerjasama harus memiliki engagement yang tinggi serta mampu menunjukkan laporan atau insight dari akunnya.

Pastikan kualitas dari influencer tersebut agar budget yang dikeluarkan setara dengan hasil yang didapat.

10. Lakukan kontes dan giveaways secara berkala

Menjalankan kontes atau giveaway secara rutin merupakan salah satu cara terbaik untuk menambah follower.

Jika disurvey, Anda juga akan mendapati bahwa brand-brand yang sering melakukan kampanye kontes di media sosial biasanya mempunyai engagement yang relatif lebih tinggi.

Namun, tentu saja akan ada pemburu hadiah yang hanya muncul saat ada kontes. Mereka juga selalu menggunakan akun fiktif untuk mengikuti kontes. Umumnya, akun-akun ini mudah dikenali.

Anda juga tidak perlu membiarkan hal ini menjadi penghalang karena jumlah akun real yang mengikuti kontes biasanya jauh lebih banyak, sehingga campaign ini tetap layak dijalankan.

11. Pastikan optimasi profil social media Anda

Untuk memaksimalkan akun media sosial brand Anda, setiap bagian perlu diperhatikan agar bisa menjangkau audiens yang sebesar-besarnya, baik secara organik maupun dengan iklan berbayar.

Lalu, bagaimanakah caranya mengoptimalkan profil social media sebuah brand?

Pertama, Anda perlu memeriksa kembali nama yang dipakai. Nama pada akun social media harus sesuai dengan merek dan jangan terlalu panjang agar mudah dikenali, dibaca dan diingat. Hal ini juga akan memudahkan saat ada pengguna yang melakukan pencarian merek Anda.

Kedua, bereskan setiap bagian dari profil Anda, termasuk gambar profil yang representatif, bio yang jelas dan menarik, penambahan tagar bermerek (branded hashtag), serta URL website Anda.

Ketiga, pastikan juga informasi kontak tersedia di akun Instagram brand Anda, termasuk nomor telepon dan email yang valid agar setiap pelanggan bisa menghubungi Anda dengan mudah.

12. Pasang iklan

Apakah Anda ingin mengenalkan produk baru, menyebarkan info promosi dan diskon, atau sekedar menaikkan jumlah follower dan engagement, maka iklan berbayar bisa dijadikan pertimbangan. Yang perlu diingat adalah, jangan asal pasang. Sesuaikan dengan pasar dan audiens yang ingin dituju, termasuk lokasi, usia, jenis kelamin dan sebagainya. Pemasangan iklan yang tepat akan membuahkan hasil sesuai tujuan pemasaran yang diinginkan.

Anda juga bisa memeriksa laporan hasil iklan untuk melakukan evaluasi agar iklan selanjutnya bisa lebih efektif lagi. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perbandingan antara iklan berbayar dengan kampanye secara organik. Apakah anggaran yang dikeluarkan setimpal atau tidak, bisa diketahui dari perbandingan tersebut.

Kesimpulan

Bukan hanya jumlah pengguna social media yang terus meningkat, persentase penambahannya juga kian bertambah setiap tahun. Karena itulah, upaya pemasaran juga perlu diperbaiki dan disesuaikan seiring waktu.

Konten yang bisa meningkatkan engagement di tahun-tahun sebelumnya, belum tentu efektif digunakan sekarang. Karena itulah, Anda perlu terus mengikuti trend serta terus berinovasi agar social media marketing strategy brand Anda tetap bisa dikelola secara optimal.

Tips-tips di atas akan membantu dalam merencanakan strategi pemasaran media sosial brand Anda. Dengan menerapkan tips tersebut, manajemen merek produk di social media juga bisa dimaksimalkan agar hasilnya lebih baik lagi.

Namun, jika Anda perlu fokus untuk mengelola sisi lain dari bisnis Anda, maka pekerjaan social media management ini bisa di delegasikan. Pertimbangkan untuk bekerjasama dengan social media agency terbaik agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Bagi perusahaan yang memerlukan social media agency, Anda bisa menghubungi kami untuk konsultasi gratis. Kami menyediakan berbagai paket social media management dengan harga yang terjangkau, namun tetap profesional dalam melayani.

Dengan bermitra bersama kami, Anda tidak perlu kuatir dengan konsep konten social media, jadwal posting, monitoring serta respond dan feedback followers. Semua pekerjaan di atas akan menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai social media agency.

Selain paket dengan harga terjangkau, kami juga menyediakan layanan social media marketing secara custom yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jadi, jangan ragu lagi. Segera hubungi kami untuk informasi selengkapnya.

Posted in Social Media and tagged , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.